Friday, 31 January 2014

Konsep NYAMAN Persiapan Melahirkan


      Ketika kandungan berusia 8 bulan ke atas, biasanya kita sudah mulai berkonsentrasi pada persiapan melahirkan. Pada saat itu sering muncul berbagai perasaan seperti takut, berdebar-debar, dan gembira karena akan segera bertemu dengan si kecil di dunia nyata. Berbagai perasaan tersebut sering kali datang bersamaan yang menimbulkan rasa tidak nyaman jelang kelahiran. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan berkepanjangan. Berikut konsep NYAMAN yang bisa diterapkan pada saat persiapan melahirkan :
1.                    Nikmati Situasi
Ketika sedang mengandung, tidak ada seorangpun yang bisa mengelak dari proses melahirkan. Mau tidak mau ataupun suka tidak suka, proses melahirkan pasti akan datang. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan agar perasaan tidak bertambah campur aduk adalah menikmati situasi ini. Enjoy terhadap hal-hal yang ada adalah pola pikir positif yang bisa mendukung lancarnya kelahiran.
2.                 Yakinkan Semua Baik-Baik Saja
Keyakinan bahwa semuanya akan baik-baik saja adalah modal besar yang dapat mendorong lancarnya proses kelahiran. Sikap yakin ini bahkan mampu mengusir pikiran-pikiran negatif yang datang menghantui kita.
3.                   Ambil Sikap Tenang
Sikap tenang mampu menghadirkan rasa relaksasi. Hal ini sangat penting untuk membantu menyusun kekuatan fisik dan mental saat proses melahirkan. Fisik dan mental yang kuat adalah salah satu pendukung lancarnya proses melahirkan.
4.                   Melakukan Hal Yang Disukai
Banyak hal yang disukai yang bisa dilakukan untuk menunggu proses melahirkan. Hal tersebut tentu saja yang bersifat ringan dan santai agar tidak terlalu menyita energi yang dipersiapkan untuk melahirkan. Esensinya hal yang disukai dilakukan untuk “membunuh waktu” agar pikiran tidak kemana-mana sampai pada saat melahirkan.
5.                    Ajak Suami Slalu Mendampingi
Suami adalah orang yang sangat berarti. Kehadiran suami di samping kita mampu mencharge semangat yang sangat diperlukan ketika melahirkan. Pompaan semangat ini lah yang dapat meletupkan energi luar biasa pada saat melahirkan.
6.                    Nomorsatukan doa
Sebagai manusia biasa, kita hanya mampu berusaha. Doa adalah salah satu kekuatan luar biasa yang dapat mensukseskan proses melahirkan. Dengan berdoa kepada Yang Maha Kuasa berarti kita menyadari sepenuhnya bahwa kita hanyalah makhluk-Nya dan Dia Yang Maha Kuasa atas kelancaran proses melahirkan.

Yuk, kita terapkan konsep NYAMAN ketika persiapan melahirkan..Tentu saja agar kelahiran sesuai harapan: Si kecil lahir sehat dan Mommy pun selamatJ

2 comments: