Friday, 28 February 2014

Resensi Buku: Antara Hasrat Bisnis dan Cinta


Judul Buku      : Antara Hasrat Bisnis dan Cinta (Seri Belajar Akuntansi Pendekatan Cerita)
Penulis             : Indra Wijaya Kusuma
Penerbit           : Aswaja Pressindo
Tebal               : vi + 78 halaman; 13,5 x 21 cm

            Siapa bilang akuntansi itu sulit? Ilmu akuntansi bukan sesuatu yang sulit jika kita memahami konsep dasarnya. Konsep dasar akuntansi yang berhasil dipahami sangat berguna untuk mempelajari seluk beluk ilmu akuntansi yang lebih tinggi. Jika seseorang mampu menguasai ilmu akuntansi, maka baginya terbuka peluang lebar untuk masuk ke berbagai entitas bisnis. Hal ini karena tidak ada satu entitas bisnispun yang bisa lepas dari peranan akuntansi.
            Buku setebal 78 halaman karangan Indra Wijaya Kusuma ini berkisah tentang seorang pelajar kelas tiga SMA di Yogyakarta yang mencoba berbisnis. Adalah Prita, tokoh utama dalam buku ini, yang mencoba berbisnis kelapa muda di kala liburan sekolah untuk menambah uang sakunya. Dibantu Bu Rini, seorang dosen akuntansi di sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta, Prita membuat konsep bisnis, pelaksanaan, termasuk pencatatannya. Untuk memulai bisnisnya, Prita memanfaatkan Gatot yang menaruh hati padanya untuk mengantarkannya membeli kelapa muda, gula, syrup dan sedotan di pasar Beringharjo. Di pasar, Prita sering bertemu Dwiki yang juga berjualan di pasar itu.
            Di tengah keasyikannya mengurus bisnis kelapa muda, tiba-tiba Prita kedatangan adik sepupunya yang bernama Elly. Di sisi lain, Prita juga mempunyai pelanggan yang cukup akrab dengannya. Pelanggan itu bernama Sendy, seorang mahasiswa Ekonomi UGM. Bagaimana akhir cerita bisnis kelapa muda Prita? Apakah untung atau rugi? Bagaimana dasar-dasar pencatatannya? Kepada siapakah Prita menambatkan hatinya, apakah Gatot, Dwiki, atau Sendy? Temukan semua jawabannya di buku menarik ini.
            Buku ini berkisah tentang gambaran bisnis secara sederhana, lengkap dengan bagaimana seharusnya bisnis tersebut dicatat secara akuntansi sederhana. Buku ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin memahami dasar akuntansi yang paling sederhana melalui pendekatan cerita. Ilustrasi warna dan design cover yang menarik juga menjadikan buku ini tidak membosankan untuk dibaca.

No comments:

Post a Comment