Wednesday, 12 February 2014

Tips Manajemen Diri


        Setiap orang pasti punya beragam pekerjaan yang menyibukkan. Beragam cara melewati kesibukan tersebut. Ada yang sukses semua tertunai dengan lancar, namun adapula yang tersendat tidak terselesaikan. Padahal, kalau diperhatikan semua orang sama-sama mempunyai 24 jam dalam sehari. Pada orang yang sibuk namun semua bisa tertunai dengan lancar pun juga hanya mempunyai waktu 24 jam, tidak ada overtime. Lalu, apa yang menjadi pembedanya? Mengapa sama-sama mempunyai 24 jam tetapi sebagian bisa sukses dan sebagian yang lain gagal?
 Kunci utama mengelola 24 jam dalam sehari tersebut ada pada manajemen diri. Secara etimologi, manajemen diri adalah seni melaksanakan dan mengatur diri. Diri sendiri mempunyai peran dominan untuk mengatur segala sesuatu agar 24 jam itu ber-value added. Berikut tips ringan manajemen diri agar 24 jam ber-value added:
·         Buat Planning
Percaya atau tidak,  planning yang baik merupakan salah satu kunci keberhasilan. Di tahapan ini, seringkali konsep pemikiran berikut evaluasinya bisa tercurahkan. Melalui planning, seseorang bisa mengetahui arah langkah sekaligus bisa menjadi parameter langkahnya.
·         Skala Prioritas
Setiap orang pasti mempunyai banyak target pekerjaan  dan kesemuanya ingin diselesaikan dengan baik dan segera. Satu per satu target tersebut sebaiknya dipilah-pilah menurut deadline-nya. Setelah buat skala prioritasnya. Selesaikan segera target sesuai skala prioritas yang ada.
·         Mulai Hal Kecil
Hal kecil sangat baik untuk memulai mengerjakan sesuatu karena hal kecil bersifat ringan untuk dilakukan. Sebaliknya, apabila suatu pekerjaan dimulai dengan hal besar, makan akan ada beban psikologis untuk mengerjakannya. Menyederhanakan hal besar menjadi bagian-bagian hal kecil juga merupakan cara jitu untuk melewati suatu pekerjaan yang besar.
·         Fokus
Fokus sangat penting agar suatu pekerjaan bisa selesai dengan baik dan segera. Meluangkan waktu, tenaga dan pikiran untuk menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu adalah hal yang harus dilakukan agar bisa fokus.
·         Tidak Menunda
Menunda pekerjaan bukanlah penyelesaian manajemen diri yang baik. Pekerjaan yang tertunda akan menumpuk dengan pekerjaan lainnya sehingga di kemudian hari akan terakumulasi pekerjaan menjadi banyak. Jadi, agar suatu pekerjaan tidak lagi membebani, segerakan untuk menyelesaikannya.
Selamat Mencoba!

10 comments:

  1. sip mak... jadi termotivasi nihh...

    ReplyDelete
  2. Yes tidak menunda..menjadi salah satu hal terpenting.
    Makasih ya

    ReplyDelete
  3. wah termotivasi nih,, thanks for nice artikel

    ReplyDelete
  4. makasiih tipsnya mak ^^ salam kenal juga mak Erlina..
    saya juga suka merasa 24 jam itu kurang..karena saya ga pintar mengelola waktu..

    ReplyDelete
  5. saya lagi mencoba menjadi pribadi yang lebih baik lagi Mak :)

    ReplyDelete
  6. Salam kenal juga mak @RumahJurnalku..:)

    @Mak Titis: saya juga msh terus dan terus belajar mak..:)

    @Mak Ida: alhamdulillah mak:)

    ReplyDelete