Sunday, 23 March 2014

Ayo Membaca!


          Tidak jarang saya bertemu dengan orang-orang yang menurut saya tipe menyerah sebelum bertanding. Lho kok? Iya, pasalnya kalau ada ajakan yang memerlukan proses belajar langsung tidak bergeming. Contohnya ketika diajak membaca sebuah buku tipis saja, ada alasan yang dikemukakannya. Sibuk mengurus anak, sibuk bekerja sampai malam, sibuk dengan pekerjaan rumah, atau alasan sudah bukan lagi waktunya belajar. Dari sekian alasan tersebut sebenarnya masih bisa disiasati untuk tetap bisa membuat diri membaca. Tidak harus satu buku sekaligus selesai, bisa satu halaman demi satu halaman. Yang penting waktu yang match itu berapa untuk menyelesaikan sebuah bacaan.
      Beruntung bagi orang-orang yang mempunyai hobi membaca. Karena dengan membaca, ia selalu move on akan semua hal. Ia selalu up date pengetahuan sehingga tidak pernah ketinggalan informasi. Up grade diri secara otomatis terjadi dari hari ke hari sehingga hidupnya selalu bertambah kualitasnya.
            Satu alasan yang cukup membuat “gregetan” yaitu sudah tidak mau membaca buku karena faktor usia. Sering kan menjumpai orang seperti ini? Padahal, di usia tertentu bukan berarti tidak boleh membaca sebuah buku. Justru dengan banyak membaca itu dapat memperpanjang usia harapan hidup. Dengan membaca, cakrawala pengetahuannya akan terbuka. Ia akan tahu berbagai ilmu agar hidup menjadi lebih berkualitas. Bukan hidup yang itu-itu saja tanpa perubahan dan makna yang lebih baik.Seorang yang banyak membaca mempunyai karakter yang kuat sehingga tidak mudah menjadi objek atas propaganda tertentu. Ia mempunyai prinsip yang teguh yang secara konsisten dipegangnya.
            Membaca itu sebenarnya sangat berguna baik bagi si pembaca itu sendiri maupun bagi orang lain. Bagi si pembaca, tentu saja manfaatnya seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Sedangkan bagi orang lain, dengan membaca kita mampu berbagi ilmu. Berbagi ilmu hasil bacaan kita, bisa kita lakukan dengan menyelipkan esensi bacaan tersebut pada saat kita mengobrol dengan orang lain. Di samping itu, berbagi ilmu bisa kita lakukan melalui media tulisan baik yang tertulis di blog pribadi, media social,  maupun media cetak. Orang lain yang tercerahkan oleh tulisan kita akan membuat kita semakin termotivasi untuk menulis. So, ayo membaca!

4 comments:

  1. membaca memperpanjang usia hidup?? setuju mba! ada motivasi di balik kata2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, mba.. Hidup jadi terasa lebih hidup:)

      Delete
  2. Ayooo! Kalo sama suami ke toko buku atau perpustakaan udah deh kayak orang musuhan, sibuk dengan bacaan sendiri2 hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebiasaan yg bagus itu mb, asyik dengan bacaan:)

      Delete