Wednesday, 2 April 2014

Elok Rasanya Sarapan di Tanah Melayu

Sarapan itu rutinitas wajib bagi keluarga kami. Hari-hari kami yang menguras energi tentu membutuhkan asupan kalori. Kalau sempat aku memasak sendiri, ya sarapan ala rumah. Kalau tidak sempat, otomatis kami pergi membeli sarapan di luar.
Kami sekelurga merantau di Tanah Melayu. Pasalnya karena suami sedang mendapat tugas di Tanah Melayu, tepatnya di kota Tanjungpinang. Tak puas rasanya jika kami tidak mencicipi aneka sarapan khas Tanah Melayu yang aduhai di lidah. Mungkin, karena lidah kami sudah menikmati enaknya masakan Tanah Melayu, kami pun memberanikan diri membeli rumah di sini.
Banyaknya kuliner khas Tanah Melayu membuat kami sering berganti-ganti menu sarapan. Asyik rasanya memanjakan lidah dengan aneka semesta rasa.
Adalah mie tarempa, sebuah hidangan mie yang membuat kami nagih lagi. Sebenarnya mie ini khasnya kepulauan Anambas, sebuah kepulauan nun jauh dari Tanjungpinang. Tetapi karena Tanjungpinang adalah ibukota propinsi, jadi hampir semua kuliner propinsi Kepulauan Riau ada di sini.
Foto didapat dari sini
Variasi sarapan kami lainnya yaitu nasi lemak. Nasi ini rasanya gurih. Biasanya dibungkus dengan daun pisang. Sebagai pelengkap nasi, ada telur dan ikan bilis.
Foto didapat dari sini
Ini nih menu lainnya, laksa. Kami biasa makan laksa dua jenis sekaligus. Kalau saya pesan laksa goreng, pasti suami saya pesan laksa kuah. Lalu keduanya dimakan bertiga sama anak, tuker-tukeran gitu. Ngirit plus asyik..hehehe..
Foto didapat dari sini
Kalau kami bosan makan yang berat-berat, biasanya kami memesan snack ringan khas melayu. Mantap pokoknya, nggak bikin bosan di lidah.
Ada roti prata sebagai alternatif snack kami:)
Foto didapat dari sini
Ada juga otak-otak. Kalau saya paling suka otak-otak ini.
Foto didapat dari blog yang tertulis di pic ya:)




Trus ada lagi gong gong. Sejenis siput laut yang bisa dimakan. Gurih dan enak banget sihh, tapi hati-hati karena kandungan kolesterolnya tinggi.
Foto didapat dari sini


Nahh, itulah sarapan ala kami di sini. Maknyuss dan yummy. Ganti-ganti biar tak bosan di hati. Kalau mau ikutan sarapan, bolehlah mampir di kota Tanjungpinang ini:)

 
 

10 comments:

  1. Waktu masih tinggal di Pekanbaru saya pernah makan nasi lemang, Mak
    Sukses yaa :))

    ReplyDelete
  2. Enak kan mak..hehe.. Terima kasih atas kunjungannya, mak:)

    ReplyDelete
  3. menu makanannya unik unik ya mak... sarapan emang perlu mak. sukses buat GA nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. unik dan enak mak.. trima kasih mak:)

      Delete
  4. otak2 saya sukaa... :) apalagi otak2 khas Banten :)

    ReplyDelete
  5. Waaahhh... sarapannya guriiihhh banget.
    pengen nyobain deh. sesekali di share resepnya donk ya...

    btw, makasih sudah ikutan ya. semoga beruntung...

    ReplyDelete
  6. Amiinnn.. trima ksh sdh berkunjung mak:) mari ke kota kami untuk mencicipi mak:)

    ReplyDelete