Tuesday, 1 April 2014

Tips Hemat


Awal bulan begini, rasanya hampir semua orang pegang uang. Kalau pegawai, pasti menerima gaji. Kalau ibu rumah tangga, pasti memperoleh nafkah dari suami. Sudah umum di mana-mana kalau uang sudah di tangan, rasanya mau membeli ini dan itu. Rasa konsumtif begitu besar di dada. Ujung-ujungnya di akhir bulan impas tanpa bisa menabung sedikitpun, bahkan acapkali malahan minus. Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja, toh uang itu uang kita juga. Bolehlah kita menikmati uang hasil keringat kita. Tapi, apakah tidak ingin berhemat? Kalau berhemat, kita bisa saving lho.. Kalau tabungan kita banyak nanti, akan lebih banyak manfaatnya. Nah lo, bingung kan?
Nggak harus bingung-bingung, karena sebenarnya keputusan ada di tangan kita sendiri kok! Suatu pilihan bebas kalau kita mau berhemat atau menikmati seluruhnya uang kita. Nah, kalau mau berhemat, berikut ada seklumit tips dari saya:
1.      Rencanakan Pengeluaran
Identifikasi apa saja pengeluaran kita haruslah dilakukan untuk membuat sebuah pola pengeluaran rutin yang harus kita lakukan. Jika pola pengeluaran sudah terbentuk, buatlah skala prioritas atas pengeluaran tersebut. Upayakan penghematan atas pengeluaran-pengeluaran tersebut, jika memungkinkan hapus pengeluaran yang masih bisa dihilangkan.
2.      Pisahkan Rekening Belanja dan Tabungan
Pemisahan rekening ini berguna agar jumlah belanja dan tabungan kita selalu terkontrol. Selain itu, dengan pemisahan rekening ini kita bisa selalu ingat untuk langsung memecah pendapatan kita menjadi dua bagian, yaitu belanja dan tabungan.
3.      Menabung di Awal Bulan
Menabung di awal bulan adalah salah satu bentuk pencegahan pengeluaran yang berlebihan. Jangan pernah menabung di akhir bulan, karena seringkali hal tersebut tidak kesampaian karena uangnya sudah habis dipakai untuk ini dan itu. Iya kan..hehehe..
4.      Hindari Melihat Barang Diskon
Barang diskon memang selalu membuat lapar mata. Untuk itu, jangan terlalu sering mengunjungi toko yang menawarkan diskon. Kecuali, jika memang kita membutuhkan atas barang tersebut, membeli pun bukan kesalahan asal kita to the point pada daftar belanja yang kita punya.
5.      Hindari Melihat Barang Berhadiah
Sama seperti barang diskon, barang berhadiah pun sering membuat kita jatuh hati untuk membelinya. Kuncinya sama, kalau belanja tetap fokus pada kebutuhan yang tertera di daftar belanja.


Eiittss, jangan lupa baca ini juga:)

6 comments:

  1. Waah, terimakasih buat tips-nya. emang bener tuh :D

    ReplyDelete
  2. tipsnya ok udah cantik pasti rajin menabung hihi

    keren

    ReplyDelete
  3. boleh hemat asal jangan pelit ya mak hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. dijamin enggak mak. justru dari berhemat jd bs berbagi lebih:D

      Delete