Friday, 23 May 2014

Kriteria Mainan Anak

Pada suatu sore, anak saya memamerkan mainan yang dibelinya sepulang sekolah. Cover depan mainan itu sesuai karakter anak-anak, lucu.
Cover depan mainan

Anak saya menyebutnya "mainan gosok-gosok" karena cara mainnya adalah dengan digosok dengan koin, lalu muncullah gambar-gambar karakter anak yang (masih) lucu-lucu juga. Anak saya selalu semangat menggosoknya karena baginya sungguh ajaib dengan menggosok lalu muncul gambar.
Setelah digosok, muncul gambar karakter.
Yes, smuanya masih fine2 saja. Jadi nggak fine ketika saya kepo tentang mainan gosok-gosok tersebut. Buadalaaa! Ternyata di balik gambar hasil gosokan itu ada  kalimat-kalimat bernada dewasa.
Kalimat bernada dewasa:(

Oh, no! Kalimat-kalimat tersebut sepertinya bukan untuk mainan anak-anak. Tapi untungnya (hihi..masih juga untung..), anak saya masih berusia 4 tahun dan belum bisa membaca. Tapi bagaiman jika mainan itu jatuh ke tangan anak-anak yang sudah bisa membaca? Kan sekarang sudah banyak anak usia TK yang sudah pandai membaca. Apa nggak kepo tuh anak sama ortunya tentang kalimat-kalimat di mainannya?
Yup, itulah sekelumit pengalaman saya dengan mainan anak. So, sebenarnya bagaimana sih kriteria mainan anak?
Ini dia kriteria mainan buat anak:
  1. Aman, baik bahan, cara memainkan maupun design yang melekat padanya.
  2. Sesuaikan mainan dengan usia anak.
  3. Merangsang perkembangan dan imajinasi anak.
  4. Berwarna cerah untuk melatih indra penglihatannya.
Selamat menemukan mainan anak yang sesuai kriteria:))

17 comments:

  1. Ya ampuuun.. kenapa banyak gomabalan alaynya gituuu >.<

    ReplyDelete
  2. eh mak sekarang tuh bukan gambar gosok aja lho yang parno, aku pernah nemuin di CD PS-2 nya anakku. Pas dinyalain ada pengantarnya video sepasang remaja yang tengah berhubungan, meski gambarnya berupa kartun dan meski anak-anak tertawa geli melihatnya, tapi kan berbahaya tuh...akhirnya kuumpetin CD itu, sekarang aku jadi protek terhadap mainan anakku. Emang kita harus waspada ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduhh..itu mah sudah pornografi yg diselubungkan dalam kartun di PS-2. Kita harus slalu waspada untuk melindungi anak kita ya, mak:)

      Delete
  3. mainannya belum pernah disensor ya Mbak..:)

    ReplyDelete
  4. Itu kejadiannya sampai rumah sudah bawa mainan gosok2 mb..:-)

    ReplyDelete
  5. nah ini nih, kalau jatuh di tangan yg salah bisa membuat yg kejatuhan memandang alay itu wajar. jika berkenan ya mak http://thediaryofelly.wordpress.com/2014/05/25/liebster-award-buat-saya/

    ReplyDelete
  6. ya ampyyuuuunnn ngeri mak :(

    ReplyDelete
  7. Kadang2 kalo kita kurang jeli suka " tertipu" dengan gambar luarnya ya Mak...so, mesti hati2 banget milihin mainan dan beli mainan anak2 apalagi yang di jajakan di sekolah2 itu..

    ReplyDelete
  8. Parah banget :( Ini mainan jauh dari unsur edukatif mak.. Ortu sekarang emang dituntut utk lebih kritis ya mak..

    ReplyDelete
  9. ikut nimbrung mba lina...
    jadi bingung sama oknum orang dewasa zaman sekarang, apa mereka nggak mikir ya?? ketika membuat berbagai macam mainan beserta segala kontennya.... mereka apa nggak sadar kalau pada saat mereka mendapat rupiah demi rupiah, di saat yang bersamaan satu demi satu generasi penerus bangsa dirusak moralnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya us..begitu kenyataannya. Termasuk, soal conten internet, banyak juga yg negatif. Salah satu kontribusi qt ya dgn banyak nulis di internet untuk memperbanyak conten positif di internet:)

      Delete
  10. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat dan mudah? Saya Ibu Jeanne, CEO Jeanne Kantor Loan, aku membiarkan Anda tahu bahwa ini adalah pinjaman perusahaan yang menyediakan fasilitas pinjaman dengan suku bunga 2% kepada organisasi / bisnis yang membutuhkan uang. Saya ingin Anda tahu bahwa jumlah pinjaman Anda akan diberikan kepada Anda. Kami menawarkan semua jenis pinjaman kepada orang-orang yang berpikiran serius yang membutuhkan bantuan keuangan. Untuk mendapatkan prosedur pinjaman dimulai, hubungi kami di jeanne.loanfirm@gmail.com atau jeanne.loanfirm@financier.com

    ReplyDelete