Monday, 30 June 2014

Anak Tertinggal Di Dalam Mobil

Membaca berita di Batam Pos hari ini, hati saya trenyuh. Judul beritanya "Ditinggal di Mobil, Balita Meregang Nyawa". Peristiwa tersebut terjadi di Georgia Amerika Serikat. Diberitakan bahwa seorang ayah teledor melupakan keberadaan balitanya di dalam mobil selama berjam-jam. Hingga akhirnya balita meninggal dunia.
Lepas dari berita tersebut, kiranya masing-masing dari kita instrospeksi diri barangkali ada hal-hal yang kita anggap sepele tetapi ternyata berakibat fatal. Contohnya meninggalkan anak balita sendiri di dalam mobil. Jika mobil kita kunci dari luar, dari sisi keamanan dari penculik memang aman. Tetapi rupanya kadangkala ada sifat teledor yang melupakan keberadaannya. Awalnya hanya meninggalkan balita sebentar di dalam mobil untuk sekedar mengambil uang di atm misalnya, ternyata kita lupa. Antrian atm dan kemudian dilanjutkan telepon dari seseorang yang mengharuskan kita melakukan sesuatu lagi di luar mobil, akhirnya bisa membuat balita kita terlalu lama ditinggal di dalam mobil. Jika mesin mobil dalam keadaan hidup dan AC menyala, mungkin si balita akan nyaman untuk sementara waktu. Tetapi, segala sesuatu bisa terjadi jika rasa ingin tahu si balita begitu besar. Bisa saja si balita akan mencoba-coba mengemudikan mobil. Bisa bayangkan bagaimana mobil yang dikemudikan seorang balita kan? Okelah, lalu untuk menghindari balita mencoba mengemudikan sendiri, kita pun meninggalkan balita di dalam mobil dengan keadaan mesin mobil mati. Otomatis AC mobil juga tidak menyala. Apa yang akan terjadi dengan si balita? Pasti ia akan kepanasan dan kekurangan oksigen. Jika tidak percaya, cobalah barang sebentar Anda berada di dalam mobil yang terkunci, AC dan mesin mati. Berapa lamakah Anda mampu bertahan di dalam mobil tersebut?
Sebuah peristiwa besar kadang merupakan buah kelalaian kecil. Jadi, mau tidak mau, kita harus selalu waspada. Janganlah menganggap sepele hal-hal kecil, karena bisa jadi itulah cikal-bakal peristiwa besar. Pada balita utamanya, jangan abaikan hal-hal ataupun pelajaran kecil padanya. Kelak hal kecil itu bisa jadi akan membesar, cepat ataupun lambat.

4 comments:

  1. kayaknya beberapa kali juga saya baca kejadian seperti ini terjadi di AS. Kalau saya jelas gak berani meninggalkan anak balita sendirian di mobil. Kemana2 masih harus ikut saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul, mak, Balita msh "kreatif", jd harus waspada:)

      Delete
  2. Innalillahi....sebagai pengalaman mak...semoga kita lebih berhati-hati atas potensi apapun yang membuat celaka putra-putri kita...

    ReplyDelete
    Replies
    1. smg putra putri kita selalu terlindungi ya mak..amiin:)

      Delete