Wednesday, 16 July 2014

Susu UHT

Anak adalah anugrah terindah yang harus kita jaga. Bagaimanapun kondisinya, ia adalah titipan yang paling berharga. Menjaga titipan itu agar anak tetap tumbuh sehat sesuai tahapan perkembangan usianya salah satunya dengan memberi nutrisi terbaik sesuai piramida berimbang. Susu adalah salah satu komponen yang ada dalam piramida berimbang. 
Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang mudah diserap tubuh anak. Bagi anak, kalsium diperlukan untuk kesehatan tulang dan giginya. Meskipun susu merupakan salah satu bentuk nutrisi yang baik, tetapi tetap tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan. Salah satunya agar anak tidak mengalami masalah dengan asupan makanan padat lainnya.
Susu terbaik adalah ASI. Tetapi, apabila karena alasan medis tidak memungkinkan untuk memberi ASI, ada baiknya juga memilih alternatif susu lainnya seperti susu UHT.
Apa sih susu UHT (Ultra High Temperature) itu?
Susu UHT merupakan susu yang diolah melalui suhu yang tinggi (135-150 derajat Celcius) selama 2-3 detik. Proses pemanasan yang singkat dimaksudkan agar kandungan nilai gizi susu tetap terjaga serta warna, rasa, aromanya tetap layaknya susu segar. Sedangkan proses pemanasan dengan suhu yang tinggi dimaksudkan agar semua mikroorganisme (termasuk bakteri patogen) bisa dihancurkan. 
Apa kelebihan susu UHT?
Banyak kelebihan susu UHT yang menyebabkan banyak kaum Ibu lebih percaya memberikan susu UHT daripada susu bubuk biasa. Susu UHT merupakan jenis susu yang paling bisa mempertahankan nilai gizi lebih baik daripada susu lainnya (selain ASI).  Susu UHT aman dikonsumsi untuk anak yang berusia lebih dari 1 tahun.Susu UHT juga awet (sepanjang belum dibuka kemasannya) meski tanpa pengawet. Tetapi, jika kemasannya telah dibuka, susu UHT harus segera diminum. Kelebihan lainnya, susu UHT sangat praktis dikonsumsi dan cukup disimpan pada suhu kamar (jika kemasannya belum dibuka). Penyimpanan susu UHT di dalam almari es juga dianjurkan meskipun susu UHT tersebut belum dibuka kemasannya. Alasannya, saat ini suhu di luar almari es cenderung tinggi.
Semua jenis susu UHT itu baik, tetapi yang paling baik adalah yang rasa "plain". Kenapa? Karena susu UHT plain paling sedikit mengandung gula dan bahan buatan lainnya. Nah, selamat memberikan susu UHT bagi anak Anda!

15 comments:

  1. Persiapan untk sya, jika sudah punya ank nanti. :)

    Salam sya..

    ReplyDelete
  2. Sudah pernah minum, tapi pas aku udah besar.. hehe..
    Aku kira ini dialiri listrik kejut, ternyata temperaturnya yahh yang dinaikkan dalam waktu singkat.. Jadi pengen lihat gimana produksinya. :D

    Salam Mystupidtheory!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..gpp sudah besar. Tidak ada kata terlambat:)

      Delete
  3. anakku doyan banget, sehari bisa habis 2 kotak kecil

    ReplyDelete
  4. wah bolehlah besok kalo dah beristri mnum ni susu uht

    ReplyDelete
  5. Biasanya Pal juga minum susu UHT, sayang di warung sekitar rumah gak ada rasa plain. Padahal saya doyan rasa itu, hihi. Berbagi jatah susu UHT plain dengan anak adalah hal yang mengasyikkan.

    ReplyDelete
  6. Biasanya Pal juga minum susu UHT, sayang di warung sekitar rumah gak ada rasa plain. Padahal saya doyan rasa itu, hihi. Berbagi jatah susu UHT plain dengan anak adalah hal yang mengasyikkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya..apalagi kalau rebutan, seruu:)

      Delete
  7. Anak saya juga UHT setelah lepas ASI. UHT memang pilihan yang lebih baik dibandingkan susu formula. Dulu pertama kali saya kasih yang plain lama-lama eyang kung nya ngasih yang coklat. Jadi dah nggak mau lagi deh ma yang plain. Tapi saya siasati yang untuk anak-anak, kandungan gulanya 1/2 dari yang biasa. Dalam sehari bisa 4-5 kotak kecil. Kebanyakan nggak ya? :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepanjang asupan makanan padatnya tidak terganggu dan BBnya tdk obesitas, tdk apa2..

      Delete
  8. anak2 saya juga lebih suka UHT daripada sufor

    ReplyDelete