Friday, 15 August 2014

Bagasi Pesawat

Beberapa hari yang lalu, saat saya dan suami terbang, kami kehilangan salah satu barang bagasi. Beberapa penumpang yang terbang bersama kami pun mengalami hal yang sama. Kontan saja, kami langsung melakukan komplain bagasi. Untungnya pihak maskapai cukup profesional. Pihak maskapai langsung menjanjikan bagasi akan segera kembali hari itu juga atau keesokan harinya.Katanya, kami akan segera dihubungi jika bagasi sudah berada di kota tempat kami mendarat. Kami pun percaya saja, mengingat maskapai yang kami tumpangi saat itu adalah maskapai yang terkenal cukup baik yang dimiliki negeri ini. Sebuah kepercayaan dan kepuasan pelanggan tentu saja akan diperjuangkannya demi reputasi baiknya selama ini.
Masing-masing penumpang akhirnya meninggalkan bandara dengan harapan segera ada kejelasan bagasinya. Malam pun tiba. Tiba-tiba suami saya, yang saat itu no hpnya digunakan sebagai contact person klaim bagasi kami, dihubungi oleh pihak maskapai untuk menanyakan kejelasan alamat rumah kami. Rupanya bagasi kami sudah berada di kota tempat kami mendarat. Pihak maskapai menanyakan kejelasan alamat kami guna mengantarkan bagasi kami yang hilang. Duh, senang rasanya karena bagasi kami kembali dan lagi kami tidak perlu repot-repot datang ke bandara guna mengambilnya.
Antrian bagasi mudik lebaran 2014 di Bandara Hang Nadim Batam
Dengan kejadian hilangnya bagasi kami tersebut, akhirnya kami memperoleh pelajaran yang harus selalu kami catat pada saat bepergian dengan pesawat terbang. Apa itu? Inilah catatan kecil kami terkait bagasi, smoga tidak hanya kami yang memperoleh manfaatnya:)
  • Jangan simpan barang berharga pada koper atau sejenisnya yang akan diletakkan di bagasi pesawat. Mengingat seringnya ada kejadian bagasi yang tidak kembali atau hanya diganti rugi, alangkah baiknya jika barang berharga (terutama dokumen penting) tidak disimpan di bagasi.
  • Jika menginap, minimal simpan satu stel baju dan barang kebutuhan hari itu pada kabin pesawat. Jangan pernah meletakkan semuanya di bagasi. Kalau bagasi kita hilang atau baru kembali keesokan harinya kan jadi repot. Bersama sesaat hilangnya bagasi kami pada cerita di atas, ternyata ada beberapa orang yang kehilangan seluruh baju gantinya yang ternyata diletakkan di koper bagasi. Untungnya pihak maskapai bisa mengantarkannya hari itu juga, sehingga beberapa orang tersebut tidak perlu membeli baju baru.
  • Packing bagasi haruslah tertutup rapat dan tidak mudah dibuka. 
  • Jangan meletakkan barang pecah belah dan barang yang rapuh lainnya di bagasi.
Selamat packing bagasi!

8 comments:

  1. belum pernah meletakkan barang di bagasi pesawat mbak,,soalnya bawaannya cuma 1 ransel aja,,aku tenteng saja ke dalam pesawat tasku,, :) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas terbang sendiri, saya juga jarang pakai bagasi mb..hehehe..

      Delete
  2. Belum pernah naik pesawat. Huwaaahuwaaaa... :D

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. gak ada koper, ransel pun jadi..hehe..

      Delete
  4. mba.. suami saya brgkat tadi malam menuju Jambi... barang bagasinya ketinggalan 2 packing.. :( dia pake pesawat garuda, udah bikin laporan/ klaim kehilangan di bandara tujuan,, sampai sekarang masih menunggu kabar.. hhhh... tolong bantu do'anya barang2 suami saya bisa kembali ya.. :) atau jika mba ada tips hubungi k mana untuk masalah ini atau harus gimana, please let me know yaa...
    btw, tapi enak banget yaa.. d antar ke rumah yaaa mba? itu yang ngantar kurir garuda nya mba? kirain kita nya jemput k bandara...
    makasiii sebelumnya yaaa mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo sdh buat srt kehilangan, brarti tinggal nunggu aja mb. Lama mungkin krn tunggu pnerbangan garuda yg slanjutnya (brg dibawa penerbangan garuda slanjutnya). Klo sdh ada barangnya, biasanya akan dihubungi oleh garuda. Smg lekas ktemu ya mb..amiin.

      Iya, waktu itu bagasi kami yg hilang diantar sampai rumah..

      Delete