Tuesday, 9 September 2014

Pelajaran dari Monyet dan Kucing

Saya beberapa kali bertemu monyet ini. Kebetulan, monyet ini adalah hewan peliharaan di sebuah rumah yang sering saya lewati. Sayangnya, setiap saya lewat, rumah itu selalu dalam keadaan tertutup. Jadi, sampai sekarang saya belum tahu siapakah pemilik monyet ini. 

Suatu hari, saya menemukan pemandangan langka. Monyet tersebut sedang duduk sambil memeluk seekor anak kucing. Dan si kucing pun menikmati pelukan monyet tersebut. Si kucing tampak tertidur dengan tenang di pelukan monyet. Menyadari kehadiran saya, monyet tersebut pun beranjak dari duduknya. Dengan sigap, monyet tersebut menggendong si kucing dan membawanya sedikit menjauh dari saya. Ah, saya menyesal karena mengusik keduanya.
Perbedaan bukanlah penghalang untuk berkasih sayang. Itulah yang saya dapatkan dari kedua satwa yang sungguh berlainan. Keduanya sama-sama berkelas Mamalia. Tetapi keduanya berbeda Ordo. Si kucing termasuk ordo Carnivora yang Omnivora (Pemakan segala), sedangkan si monyet termasuk ordo Primata. 
Kedua satwa tersebut mampu mengeliminasi perbedaan untuk sama-sama merasakan hangatnya kasih sayang. Bukan malah meneriakkan segala perbedaan dengan lantang yang bertujuan untuk menang-menangan. Keduanya mungkin sadar bahwa menang-menangan hanyalah kepuasan sesaat yang (bisa jadi) telah banyak mengorbankan hal lainnya. Keduanya dengan legawa menerima segara kekurangan dan perbedaan satu sama lain untuk saling dekat dan bersahabat.
Ah, betapa berharganya pelajaran dari monyet dan kucing ini..



13 comments:

  1. saya baru liat (lewat foto ini) kalo monyet bisa memeluk kucing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga baru pertama, mak. Makanya saya foto. Eh, monyetnya kaget:)

      Delete
  2. hmm,,,mungkin juga dikondisikan ke dua mahluk itu terkungkung di suatu ruang,sehingga interaksi dgn sejenisnya tdk ada,,jadi apa boleh buat,,mereka menjadi teman sependeritaan..hehe..:) salam kenal mbak kunjungan perdana

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau yang sering saya lihat, keduanya berkeliaran di halaman depan sebuah rumah. Si monyet terikat n si kucing tidak.
      Terima kasih atas kunjungannya:)

      Delete
  3. Indahnya kalo perbedaan bisa dengan mudah dipahami sbg salah satu faktor pemersatu... :)

    ReplyDelete
  4. uwaaa..langka nih,ternyata sesama hewan yang berbeda juga saling membantu ya mbk

    ReplyDelete
  5. hmm...bener-bener langka nih mak, wajib diabadikan hehehe.....tapi harusnya manusia mencontoh sikap kedua binatang itu ya, agar tidak membeda-bedakan satu sama lain....alangkah baiknya perbedaan itu dimaknai dengan saling berbagi dan mengasihi...TFS ya mak

    ReplyDelete
  6. apalagi manusia, harusnya bisa saling menyayangi antar sesama lebih dibandingkan hewan..

    ReplyDelete
  7. Halo, aku Mrs. Sandra Ovia, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Pinjaman untuk merencanakan untuk tahun baru, untuk bertemu dengan tagihan Anda, memperluas bisnis Anda di tahun ini dan juga untuk renovasi rumah Anda. Aku memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda dipersilakan untuk perusahaan pinjaman kami dan kami akan memberikan yang terbaik dari layanan kami.

    ReplyDelete