Wednesday, 21 January 2015

Pengalaman Mengirim Mobil Antar Pulau

Awal tahun 2015, tepatnya pada tanggal 1 Januari 2015, saya dan suami pulang ke Jogja. Karena banyak urusan, dengan terpaksa anak kami harus ditinggal di kota Tanjungpinang.
Salah satu urusan yang harus kami selesaikan ialah mengirim mobil dari kota Yogyakarta di Pulau Jawa ke kota Tanjungpinang yang terletak di Pulau Bintan. Wah, jauh banget ya! Iya, tetapi harus kami tempuh. Dan waktu yang kami punya pun terbatas karena tiket pesawat Jogja-Batam sudah di tangan kami. Mau tidak mau, proses mengirim mobil pun harus dimulai dengan membawa mobil ke Jakarta. Berdua, suami dan kakak ipar, mobil pun dikendarai menuju Jakarta. Setiba di Jakarta, ternyata gudang ekspedisi yang akan mengirim mobil ke Tanjungpinang masih penuh. Otomatis mobil tidak diterima di gudang ekspedisi. Terpaksa kami hanya bisa memesan pengiriman mobil. Atas masukan Ibu Mertua, sambil menunggu gudang ekspedisi kosong atau kapal datang (mana yang lebih cepat), mobil pun diparkir di parkir inap bandara. Tempat parkir inap bandara sungguh layak bagi mobil-mobil yang terparkir di sana. Hal itu sebanding dengan harga parkirnya sebesar Rp100.000,00 per hari. Ya sudah, kami pun rela mengeluarkan uang parkir sebesar itu per hari sampai waktu yang tidak ditentukan. Yang penting mobilnya aman dan nyaman serta tidak merepotkan orang karena dititipi, begitu pikir kami.
Setelah mobil aman di Jakarta, suami dan kakak ipar segera terbang menuju Jogja. Dan keesokan harinya, saya dan suami pun terbang ke Batam. Seperti biasa, setibanya di Batam kami melanjutkan perjalanan menggunakan kapal ferry menuju Tanjungpinang.
Hari-hari berlalu hingga hampir satu pekan kami pun mendapat kabar bahwa kapal sudah datang. Kalau jadi mengirim mobil, kami diharuskan segera membawa mobil ke pelabuhan. Mendengar kabar tersebut, pada pagi harinya suami langsung terbang dari Tanjungpinang menuju Jakarta. Tidak lupa kunci mobil dan semua dokumen (BPKB asli dan fotocopy, STNK asli dan fotocopy, fotocopy KTP dan karcis tanda parkir inap bandara) dibawa serta. 
Sesampainya di Jakarta, suami langsung mengendarai mobil dari bandara ke pelabuhan Sunda Kelapa dan bertemu dengan orang ekspedisi. Serah terima pun dilakukan dengan tanda terima di atas meterai Rp6.000,00 dan membayar biaya pengiriman, asuransi dan surat jalan kepolisian. Biaya pengiriman adalah biaya yang harus kami bayar saat mengirim mobil. Karena pengiriman menggunakan kapal dan cuaca tidak menentu, maka kami pun membayar biaya asuransi yang menjamin mobil dengan selamat sampai di Tanjungpinang. Sedangkan surat jalan kepolisian adalah dokumen wajib yang harus ada ketika mobil akan dikirim ke luar pulau.  O iya, pada saat serah terima, jangan lupa mengecek kondisi mobil dan mendokumentasikannya dalam bentuk foto ya.. Ini bermanfaat untuk klaim asuransi dan jika terjadi apa-apa, kita pun sudah mempunyai bukti fotonya.
Urusan serah terima sudah selesai. Suami pun terbang kembali ke Tanjungpinang pada sore harinya dengan tidak lupa membawa pulang BPKB asli, STNK asli dan tanda terima. Selang beberapa hari, kami dihubungi oleh pihak ekspedisi guna mengambil mobil di pelabuhan Batu 6 Tanjungpinang. Mobil diterima dengan menandatangani sejumlah dokumen.
Itulah sekelumit pengalaman kami ketika mengirim mobil antar pulau. Semoga bermanfaat ya;) O iya, dalam hal kirim mengirim pun tidak hanya mobil yang bisa dikirim, motor pun juga bisa dikirim antar pulau, malahan pilihan ekspedisinya pun lebih banyak daripada ekspedisi yang melayani jasa kirim mobil.


57 comments:

  1. wah,ribet juga ya bolak balik dari tj pinang-jakarta dan sebaliknya..ohya mbak,jakarta tj pinang berpa hari ya nyampe mobilnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo normal dan cuaca bagus, skitar 4 hari. Tp krn cuaca buruk dan kapal bbrp hari berlindung dr ombak ya jadinya lama bgt mb..

      Delete
    2. Saya sangat berterima kasih banyak MBAH RAWA GUMPALA atas bantuan pesugihan dana ghaib nya kini kehidupan kami sekeluarga sudah jauh lebih baik dari sebelumnya,ternyata apa yang tertulis didalam blok MBAH RAWA GUMPALA itu semuanya benar benar terbukti dan saya adalah salah satunya orang yang sudah membuktikannya sendiri,usaha yang dulunya bangkrut kini alhamdulillah sekaran sudah mulai bangkit lagi itu semua berkat bantuan beliau,saya tidak pernah menyangka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan kami sekeluarga tidak akan pernah melupakan kebaikan MBAH,,bagi anda yang ingin dibantu sama MBAH RAWA GUMPALA silahkan hubungi MBAH di 085 316 106 111 insya allah beliau akan membantu anda dengan senang hati,pesugihan ini tanpa resiko apapun dan untuk lebih jelasnya buka saja blok MBAH PESUGIHAN DANA GHAIB

      Delete
  2. Di tanjung pinang mobil mahalkah mbak....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal. Yg mrh batam tp katanya susah kluar batam

      Delete
  3. Wah, lumayan juga ya 4 hari, itupun kalau cuaca bagus :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. klo cuaca buruk ya sampai tak terhingga sampainya. Tunggu cuaca mendukung br kapal brlayar. Klo buruk cuacanya ya bersandar dulu di plabuhan yg aman.

      Delete
  4. jadi tau mbak cara pengiriman mobil seperti ini, ribet juga sih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mb..ribet. Itupun kadang kita harus memastikan bahwa mobil tidak dibawa lari. Kemarin dapaet ekspedisinya juga atas rekomendasi temen yg kerja di syahbandar:)

      Delete
    2. Klo boleh tau apa nama ekspedisinya ya mba?rencananya saya juga mau kirim mobil keluar pulau

      Delete
  5. kapal n asuransi dari jakarta ke tanjungpinang 8 juta

    ReplyDelete
  6. itu mobil baru beli di jogja mak ? kenapa ga di tanjungpinang belinya ? kan banyak showroom juga...#kepodotcom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga beli mak, tinggal ambil aja. saya pernah survey klo hrga mobil baru di jawa ditambah ongkos kirim tuh masih lebih murah daripada beli di pinang, mak:)

      Delete
  7. Kalo untuk wilayah T.Pinang emang agak lama, karena memang kapal kesana kecil2 ( max 1300 DWt " setau aku " ) dan hanya melalui Sunda Kelapa, Tapi kalo ke Batam ada kapal Roro ( khusus mobil ) perjalanan 3-4 hari dari Tj Priuk.
    Persyaratannya : - STNK Asli + NPWP Penerima.
    DOOR to DOOR Service.
    Salam kenal dengan "Johan si tukang kirim mobil" ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang agak lama dan cukup was-was karena ombaknya besar saat itu.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Mw nanya klo mobilnya masih kredit itu bisa dikirim juga gak ya.. Salam

      Delete
    4. Maaf, saya kurang tau. Tp spertinya tdk masalah krn pas saya kirim mbl tu tdk ditanyain mobilnya lunas or msh kredit:)

      Delete
    5. Harus ada BPKB asli yah? Ini yg repot krn kalau msh kredit pasti gak pegang BPKB asli..

      Delete
    6. Kalau pas saya itu memang pakai BPKB asli

      Delete
  8. Salam Mba Erlina, kalau saya boleh tahu Mba menggunakan jasa cargo apa ya untuk kirim mobilnya?kebetulan saya mau kirim mobil juga ke Tanjungpinang..thanks

    ReplyDelete
  9. Sekarang ke tanjung pinang ada lewat priuk via kapal roro (Isinya mobil, motor dan Truk) tapi 3 minggu sekali. Kenapa 3 minggu sekali, karena kapal tsb, trip pertama dari Jakarta-Batam-Pekanbaru, baru trip berikutnya dari Jakarta-Tanjung Pinang-Batam-Pekanbaru-Jakarta.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih info Kirim Mobil sangat membantu sekali. Kunjungin balik ya http://www.kirimmobilmurah.com

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. gan kallau mobilnya dikendarai apa gag bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa saja. Tapi kalau menurut saya malah capek di jalan:)

      Delete
  13. Halo, saya Rasheeda Muhammad dari Indonesia, dan saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memperingatkan semua orang di sini untuk berhati-hati dari semua pemberi pinjaman pinjaman yang menimbulkan menjadi nyata. Mereka semua penipuan dan palsu dan niat mereka adalah untuk merobek Anda dari uang Anda sulit diperoleh. Saya telah menjadi korban pinjaman perusahaan ini tetapi tidak ada yang mampu memberikan pinjaman saya mencari sampai aku datang di Ibu Amanda Amanda Badan Kredit. Dia menawarkan saya pinjaman pada tingkat bunga yang terjangkau dari 2% dengan hanya beberapa formalitas dan requirements.After saya bertemu dengan persyaratan dan kondisi perusahaan, pinjaman saya disetujui dan saya sangat mengejutkan, itu ditransfer ke rekening bank saya dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda dapat menghubungi Ibu Amanda melalui emailnya amandaloan@qualityservice.com dan Anda juga dapat menghubungi saya di rasheedamuhammad10@gmail.com saya email saya hanya bersaksi Ibu Amanda akan baik dan bantuan yang diberikan kepada dia saya dan keluarga saya dan saya juga ingin Anda menjadi penerima manfaat dari tawaran pinjaman nya.

    ReplyDelete
  14. Klo bawa motor dr jakarta bisa juga dunk yaa mba... Tp yg saya mau tanya kalau bawa masuk kendaraan dr luar pulau jawa ke pulau bintan apa ada persyaratannya yaa? Mesti lapor ke kepolisian setempat, atw cukup dgn surat jalan dr kepolisian yaa?

    Karena saya kebetulan sdgn dinas di pulau bintan, sayang klo mau sewa/beli motor second disini, motor yg dijakarta jg nganggur ga dipakai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget. Kebetulan kantor saya juga di Bintan. Kalau aturannya memang harus lapor kepolisian setempat, apalagi kalau banyak razia.

      Delete
  15. Kontak person SINAR PAGODA ada g mba??? Kbetulan mau ngirim mobil jg....

    ReplyDelete
  16. Kontak person SINAR PAGODA ada g mba??? Kbetulan mau ngirim mobil jg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. PT. Sinar Pagoda
      Perusahaan Ekspedisi
      Jl. Tiang Bendera II No.92 · +62 21 6902582

      Delete
  17. Gan kalo mau kirin motor dr bintan ke jawa tengah bisa gak ya?? Agen jasanya apa saja? Alamatnya? Tlong jawab bagi yg tau.. thanks

    ReplyDelete
  18. lewat jakarta dulu baru di delovery ke jawa .....

    ReplyDelete
  19. lewat jakarta dulu baru di delovery ke jawa .....

    ReplyDelete
  20. Maaf mba kira kira tau gak ya untuk kirim cargo barang pindahan gitu antar pulau..sy dari jawa mau k kalimantan. yg paling menguntungkan via apa yaa? Kalo jne takut mahal.. trims ya sebelumnya

    ReplyDelete
  21. Maaf mba kira kira tau gak ya untuk kirim cargo barang pindahan gitu antar pulau..sy dari jawa mau k kalimantan. yg paling menguntungkan via apa yaa? Kalo jne takut mahal.. trims ya sebelumnya

    ReplyDelete
  22. Ribet yaaa.. mending jual dan beli yang baru lagi ^^ hehe #peacegakmauribet

    ReplyDelete
  23. Kami Ekspedisi Anugrah Mulia Bersama (AMB) melayani pengiriman kendaraan maupun barang(minimal 1 pick up) dari Jawa ke Kalimantan, hubungi :
    Margono 081230005728
    Enddy 081331931139

    ReplyDelete
  24. Kami Ekspedisi Anugrah Mulia Bersama (AMB) melayani pengiriman kendaraan maupun barang(minimal 1 pick up) dari Jawa ke Kalimantan, hubungi :
    Margono 081230005728
    Enddy 081331931139

    ReplyDelete
  25. Kami Ekspedisi Anugrah Mulia Bersama (AMB) melayani pengiriman kendaraan maupun barang(minimal 1 pick up) dari Jawa ke Kalimantan, hubungi :
    Margono 081230005728
    Enddy 081331931139

    ReplyDelete
  26. spesialis kirim mobil antar pulau 081322566644
    www.seasa.co.id

    ReplyDelete
  27. mba..maaf kira2 masih inget kontak person sinar pagoda. saya rencana mau kirim mobil ke batam? makasih

    ReplyDelete
  28. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  29. PELUANG LAIN LAGI, APAKAH ANDA USAHA MAN / WANITA, A PEKERJA DI ORGANISASI, Wiraswasta? Membutuhkan pinjaman pribadi untuk bisnis tanpa stres, Jika demikian, hubungi kami hari ini, kami menawarkan pinjaman tahun baru pada tingkat bunga rendah dari 2%, Anda dapat memulai tahun baru dengan senyum di wajah Anda, keselamatan, kebahagiaan kami pelanggan adalah kekuatan kita. Jika Anda tertarik, mengisi formulir aplikasi pinjaman di bawah ini:
    Informasi Peminjam:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami sekarang melalui email: gloryloanfirm@gmail.com

    ReplyDelete
  30. Kalau mau kirim mobil Dari JKT Pelabuhan Sunda Kelapa ke tanjungpinang pelabuhan bt.6 ada rekom murah nih, sudah langganan dan sdh sy survey kayanya ini paling murah, Waktu itu sy kirim brio kena 4.8jt (mobilnya 4.5jt assuransi 300rb) PT. KOTA DJAWAI CP. Atek (085311771666) untuk kirim motor juga bisa 800rb dibawah 250cc. Silahkan di coba telp. Aja u/cek harga

    ReplyDelete
  31. Saya barusan call ke CP diatas, untuk pengiriman mobil jenis Avanza harganya sama dengan yg diatas, Tiap seminggu sekali ada pengiriman dari Tanjung Pinang ke Pelabuhan Sunda Kelapa, cuman harinya gak bias dipastikan karena nunggu muatan penuh, begitu pun dengan yang dari Jakarta. Syaratnya harus ada surat jalan dari Kepolisian dan pastinya juga STNK, BPKB, SIM,KTP. Khusus mobil/kendaraan FTZ, urus dulu FTZ clearance nya. Txs semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  32. Pleace kasih masukan kalau mobil masih kredit bs di bawa ke jawa gak dari batam... Terimakasih

    ReplyDelete