Wednesday, 25 March 2015

Arisan = Solusi Keuangan


Sepertinya hampir semua orang familiar dengan arisan. Begitu pun saya, saya juga mengikuti kegiatan bernama arisan ini. Bagi saya, arisan juga bisa dijadikan ajang silaturahmi. Setiap hari kita disibukkan dengan urusan masing-masing. Dengan adanya arisan, kita meluangkan waktu sejenak sebulan sekali untuk saling bertemu.
Saya sempat bertanya-tanya, dari segi keuangan, bagaimana sih kedudukan arisan itu? 
Setelah saya amati dan tentu saja membaca beberapa literatur keuangan, barulah saya mengerti bagaimanakah gerangan arisan tersebut dipandang dari segi keuangan. Arisan itu ibarat hutang, tetapi tanpa melibatkan kompensasi atas hutang tersebut. Ilustrasi berikut, sedikit menggambarkan tentang arisan.
Pada awal bulan Maret 2015 Ibu Lina mengikuti arisan di kompleksnya dengan pembayaran arisan per orang sebesar Rp200.000. Adapun jumlah peserta arisan sebanyak 24 orang. Arisan dikocok pada tanggal 4 setiap bulannya. Karena jumlah peserta arisan 24 orang dan per orang Rp200.000, maka setiap keluar satu nama memperoleh uang arisan sejumlah Rp4.800.000. Dan arisan tersebut akan dikocok terakhir pada awal bulan Februari 2017. Kebetulan, pada kocokan pertama keluarlah nama Ibu Lina. Jadi pada bulan Maret 2015 Ibu Lina memperoleh uang tunai Rp4.800.000 dan masih mempunyai kewajiban membayar arisan per bulan Rp200.000 sampai dengan bulan Februari 2017.
Pada saat yang sama, sepupu Ibu Lina yang bernama Ibu Bekti mengajukan pinjaman di koperasi tempatnya bekerja sebesar Rp4.800.000 dengan tempo 24 bulan dan bunga tertentu.
Ibu Lina dan Ibu Bekti sama-sama membawa pulang sejumlah uang dengan nominal yang sama pada hari yang sama. Uang tersebut bisa untuk keperluan apa saja. Kedua Ibu itu juga sama-sama mempunyai kewajiban bulanan mulai bulan ini sampai pada bulan Februari 2017.  Hanya bedanya Ibu Lina selama 24 bulan, setiap bulannya cukup mengeluarkan Rp200.000 saja. Sedangkan Ibu Bekti, selama 24 bulan, setiap bulannya mengeluarkan lebih dari Rp200.000 untuk membayar pokok pinjaman berikut bunganya.
Dari ilustrasi di atas, mungkin kita semua semakin paham apa manfaat arisan dari segi keuangan. Tinggal kitanya saja mau arif atau tidak dalam menggunakan uang itu.
 

5 comments:

  1. Bener mbak ikut arisan juga ada manfaatnya kok itung2 nabung juga. Kadang kita menganggap remeh dg cukup menyimpan uang di rumah toh sama saja dengan arisan, ternyata uang yang terlihat secara kasat mata kadang kita suka ingkar janji...kita pinjamlah dulu tapi ternyata tdk juga bisa mengembalikannya. klo arisan pas kita dapat, bisa untuk nambah pemasukan...TFS ya mbak

    ReplyDelete
  2. Sama2, mak. Terima ksh atas kunjungannya^^

    ReplyDelete
  3. SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, TANPA PERLU RITUAL, WIRIDAN, PUASA DLL. Anda tak perlu ragu harus tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan, Atas bantuan pak ustad Insyaallah dengan bantuan dana hibah ghaibnya, semua masalah Ekonomi dan hutang saya terselesaikan dengan cepat. untuk konsultasi tata caranya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<< karna nmr hp pak ustad tdak bisa di publikasikan sembarangan. terima kasih...

    ReplyDelete
  4. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya zalinah aruf, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren shohibul Qur’an. dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada K.h. Muh. Safrijal atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>KLIK SOLUSI TEPAT DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin..

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum wrb. Saya mohon maaf sebelumnya, bila apa yang saya tulis ini dapat menyinggung perasaan anda sekalian, saya hanya ingin berbagi pengalaman dengan anda semuanya, karena apa yang saya ceritakan merupakan pengalaman yang dapat mengubah hidup saya menjadi sukses. Perkenalkan nama saya Risma Adrianti berasal dari Bangka Belitung, dahulunya saya hanya seseorang janda yang menjual nasi ayam namun karena kebutuhan saya yg cukup banyak sebab 3 orang anak saya yang masih bersekolah membutuhkan biaya yg cukup besar bagi saya sehingga penghasilan saya tidak cukup, lambat laun saya dililit hutang piutang yang semakin hari kian membesar dan dagangan nasi ayam saya semakin sepi. Suatu hari tidak sengaja saya mencoba buka internet dan saya melihat komentar seseorang yang keadaannya hampir sama dengan saya, beliau dapat keluar dari masalahnya dan sukses. Dalam komentar beliau dibantu oleh KH. Maulana Ahmad . Jujur saja awalnya saya ragu menghubungi beliau namun karena desakan hutang, saya coba memberanikan diri dan mengikuti saran pak kyai, alhamdulillah masalah hutang piutang saya selesai dan usaha saya semakin maju. Berkat beliau saya memiliki beberapa restaurant yg tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. Saya ucapkan terimakasih sebesar besarnya kepada KH. Maulana Ahmad yang begitu ikhlas membantu saya. Mungkin banyak yang mengatakan saya mengada ada tapi saya berhasil buktikan, jika anda punya kisah hidup seperti saya silahkan hubungi beliau di nomor 082-259-183-855. saya membagikan nomor beliau sebagai wujud syukur terhadap melimpahnya rejeki saya dapatkan saat ini. Sumpah demi Allah Swt ini telah saya alami . Terima Kasih. Wassalam

    ReplyDelete